Distro Linux Ringan Cocok Untuk Pc/Laptop Dengan Spek Rendah

Halo sobat Linux-DB, kalian ingin mencoba distro linux tapi takut komputer / laptop kalian ngelag karena spek yang tidak memadai ? tenang aja kali ini saya akan membagikan distro linux yang ringan dan cocok untuk PC / Laptop Tua dengan spek yang rendah.  ok langsung aja.
5 Distro Linux yang Ringan Untuk Komputer Dengan Spesifikasi Rendah


Daftar Distro Linux yang Ringan

Berikut ini beberapa distro Linux yang ringan dan juga bisa Anda jadikan sebagai tolak ukur sebelum memilih distro Linux nantinya.

1. Puppy Linux

Distro Linux Paling Ringan
Langsung diambil dari laman Puppy Linux adalah sistem operasi untuk komputer. Lain sistem operasi terkenal adalah Microsoft Windows, Apple OSX, dan MS - DOS . Puppy Linux didasarkan pada GNU / Linux. Ini benar-benar perangkat lunak bebas dan open source.



Spesifikasi yang dibutuhkan :

  • RAM 256MB.
Anda memiliki komputer dengan spesifikasi rendah mungkin Anda perlu untuk mencoba Puppy Linux.

2. BlankOn Rote

Distro Linux yang Ringan Untuk Netbook
Langsung diambil dari laman blankonlinux.or.id, BlankOn distribusi ini dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. BlankOn merupakan distribusi linux khas Indonesia yang menyertakan beragam perangkat lunak yang sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya, seperti program perkantoran, aplikasi keuangan, aplikasi Internet, menggambar (baik vektor maupun bitmap), dukungan untuk memainkan beragam format berkas multimedia, serta aplikasi menarik lainnya. Sayang sekali BlankOn Rote ini release pada tahun 2012, untuk sekarang BlankOn sendiri sudah pada tahap release BlankOn X Tambora yang masih versi beta. Tapi, tidak ada salahnya Anda mencoba BlankOn Rote ini saya sendiri sudah pernah merasakannya dan sangat luar biasa ringan sekali untuk di jalankan di komputer saya.

Spesifikasi yang dibutuhkan :
  • RAM 256MB.
Anda bisa mencoba BlankOn Rote lalu rasakan sendiri sensasinya.


3. Xubuntu

Daftar Linux yang Ringan dan Stabil
Diambil dari laman Xubuntu adalah sistem operasi yang elegan dan mudah digunakan. Xubuntu Xfce, yang merupakan stabil, ringan dan dikonfigurasi lingkungan desktop. Xubuntu sangat cocok bagi mereka yang ingin hasil maksimal dari desktop mereka , laptop dan netbook dengan tampilan modern dan fitur yang cukup untuk efisien, penggunaan sehari-hari. Ia bekerja dengan baik pada hardware lama juga.
Spesifikasi yang dibutuhkan :

  • RAM 512MB.

Xubuntu memakai desktop Xfce yang dikenal cepat dan cukup ringan.

4. Lubuntu

Distro Linux yang Ringan
Lubuntu adalah sistem operasi yang cepat dan ringan. Inti dari sistem berbasis Linux dan Ubuntu. Lubuntu menggunakan LXDE desktop yang minimal, dan pilihan aplikasi ringan. Fokus pada kecepatan dan efisiensi energi. Karena itu, Lubuntu memiliki persyaratan perangkat keras yang sangat rendah. Lubuntu didirikan oleh Mario Behling dan saat ini terutama dikembangkan oleh Julien Lavergne.

Spesfikasi yang dibutuhkan :
  • RAM 384-800MB.
Lubuntu defaultnya menggunakan desktop LXDE sebagai tampilannya, LXDE sudah dikenal sebagai desktop yang sangat ringan bahkan lebiih ringan dari XFCE.


5. Linux Mint Mate Edition

Linux yang Ringan Untuk Netbook
Linux Mint adalah Linux distribusi untuk komputer desktop, berdasarkan Ubuntu atau Debian. Tujuan dinyatakan adalah untuk menjadi "modern, elegan dan nyaman sistem operasi yang baik dan mudah untuk digunakan". Linux mint mempunyai paket antar muka sendiri yaitu Cinnamon dan Mate. Mate merupakan desktop yang sederhana dan ringan yang dikembangkan dari Gnome 2.

Spesifikasi yang dibutuhkan :
  • RAM 512MB.
Linux Mint dengan desktop Mate ini modern dan juga cukup terbilang ringan. Dari review diatas saya lebih suka dan memilih Linux Mint Mate Edition.

Pesan Saya : Pilihlah satu distro Linux yang membuat Anda nyaman dan tidak usah ganti distro Linux lainnya, cukup satu asal bisa membuat Anda nyaman dan jadilah master di dalamnya.

Penutup

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, mengambil beberapa pendapat dari pengguna Linux dan juga saya ambil referensi dari internet yang bertujuan untuk membantu Anda dalam memilih Linux yang cocok dengan komputer Anda, sebetulnya masih banyak beberapa distro Linux yang tidak saya sertakan di artikel ini karena rahasia hehehe. Sekian dari saya terima kasih.

0 Response to "Distro Linux Ringan Cocok Untuk Pc/Laptop Dengan Spek Rendah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel